Rabu, 29 Juli 2015

Cara mengatasi burung kenari malas berkicau

Haloo..para sobat kicau mania mungkin anda pernah memiliki mong-mongan kenari yang malas dan macet berbunyi, Oke saya akan mencoba berbagi bagai mana cara mengatasinya semoga bisa bermanfaat :

Yang utama kita harus mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang penyebabkan kenari kita menjadi malas berbunyi…..

Faktor Penyebab Kenari Malas Berkicau
·    Kenari ditempatkan pada Lingkungan yang terlalu ramai dan bising sehingga bias berdampak stress.
·    Pada malam hari burung tidak pernah di kerodong, hal ini berdampak pada kondisi kesehatan nya dan adanya nyamuk yang dapat mengganggu waktu istirahat dan angin malam.
·    Seringnya berdekatan dengan hewan lain, seperti kucing, anjing, tikus, yang dapat mengganggu kenyamanannya.
·    Suhu dan cuaca yang ekstrim, terlalu panas atau terlalu dingin.
·    Kenari terinfeksi tungau (air sac mites) pada bagian tenggorokannya
·    Kenari terjangkit penyakit gondok 
·    Kenari terjangkit penyakit psittacosis yang  dapat menyebabkan suaranya menjadi serak atau hilang. Gejalanya yaitu, burung yang menderita penyakit ini akan mengalami  mencret, lemah, bulu kusut, nafsu makan menurun, dan pada mata atau hidungnya berair. 
·    Burung yang kekurangan nutrisi vitamin di tubuhnya.
·    Burung Kenari jantan dalam kondisi terlalu birahi dan biasanya  kenari akan sangat hiperaktif, tidak terkendali serta sering menabrak dan cepat mengalami stress. 
·    Burung kenari terlalu kegemukan. Sehingga  malas berkicau atau macet bunyi.

Cara mengatasi burung kenari malas berkicau atau macet bunyi dari beberapa factor penyebab di atas:

·     Tempatkan burung kenari pada area yang tenang dan nyaman .
·     Pada Malam hari biasakan untuk mengkrodong burung kenari supaya terhindar dari gigitan nyamuk dan angin malam.
·     Jauhkan burung kenari dari hewan lainnya  seperti kucing, anjing, tikus dan lainnya
·     Tempatkan burung pada kondisi yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin serta hindari terpaan angin kencang secara lansung pada burung.
·      Memberikan vitamin dan antibiotik guna mencegah burung kenari terkena serangan penyakit.
·      Mengatasi kenari terinfeksi tungau (air sac mites)  yaitu dengan pembasmi tungau kantung udara dengan Birdfresh ini merupakan salah satu produk yang bisa digunakan, cukup dengan mengoleskannya ke bagian tengkuk kiri dan kanan pada burung kenari yang terinfeksi tungau air sac mites. Untuk menghindari infeksi ini semakin bertambah, selama pengobatan hindari burung terkena paparan langsung sinar matahari.
·      Untuk mengatasi suara serak pada burung kenari caranya, dengan berikan pucuk daun mengkudu muda sebagai terapi perawatan
·      Selalu bersihkan kandang setiap hari guna mencegah bakteri, jamur atau tungau yang dapat menurunkan kondisi burung.
·      Burung kenari jantan yang terlalu birahi sebaiknya dikawinkan, atau diterapi dengan memberikan buah mentimun dan kurangi waktu penjemuran.
·      Untuk mengatasi kegemukan pada kenari, sobat aneka kicaun bisa melakukan terapi dengan cara menghentikan sementara pakan bijian maupun telur puyuh rebus. Selama perawatan, burung cukup diberi sayur dan buah-buahan secara bervariasi. Atau dengan solusi lainnya, pakan bijian tetap diberikan akan tetapi dalam jumlah yang terbatas (diet), Sementara jangan diberikan telur puyuh rebus.

Demikian tips dan informasinya  Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Salam kicau mania…..


Sumber : Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar